Menahan Usia Agar Tak Lekas Menua

Di jalan banyak wanita dengan busana yang sudah tak layak dipasangkan dengan bentuk tubuh ataupun warna kulitnya. Di sebuah pusat perbelanjaan ibukota entah negara atau propinsi sekalipun, terlihat bapak tua sudah usia melekang dan otak berhampa-hampa menggandeng mereka para wanita bukan mahramnya lalu memangku ditengah keramaian pemuda seusia wanita-wanita tadi.

Ini bukan soal jaman yang berubah, bukan pula soal pemerintah yang sudah berkali-kali beruji coba memerintah sesuai dengan gayanya. Ada model terbata-bata, ada model yang membuat usia semakin tua sebab langkahnya, dan ada pemimpin yang kok semakin hari kita tak melihat apa gunanya ia di istana berlama-lama.

Ini soal berubahnya momentum masa. Waktu sudah bisa dengan mudah di setting sesuai dengan GMT (Greenwich Meridian Time) dimana ia berada. Tak peduli dan tak perlu nampaknya rasa malu melekat dalam dada. Asal ia merasa suka, maka apa yang dilakukan sudah menjadi biasa dan perlahan menjadi sebuah kewajaran di dunia yang semakin lama terlihat fananya.

Begitulah fenomena menjawab banyak tanya. Anak-anak muda semakin menua dalam gaya, anak-anak yang menjelang pemuda semakin bergaya entah darimana mendapatkan model-modelnya, serta lihat mereka yang tua menjadi muda! Pergi bersolek tak lagi dirumah, melainkan pergi ke rumah sakit atau klinik estetika.

Inilah masa dimana kesabaran kita diuji, untuk ikut bersama kafilah dan latah bergaya tanpa punya idealitas, ataukah menjadi sosok-sosok yang kuat dengan pendirian. Tak mudah goyah, dan paham tentang sebuah arti citra diri yang sebenarnya. Eksistensi dipertahankan bukan karena ingin dipuji, eksistensi dipertahankan karena kita yakin bahwasanya inilah yang seharusnya bersesuaian dengan usia dan gaya semestinya. Bukan menyeberang jaman ataupun memotong kompas peradaban. Eksistensi itu jugalah yang membuat diri kita bertahan tak menjadi tua dengan segera, lalu setelah tua bergegas memudakan gaya agar dianggap sebagai pemuda usia tua.

Pernah dimuat pada 21 Oktober 2012 di :

http://albykazi.multiply.com/journal/item/150/Menahan-Usia-Agar-Tak-Lekas-Menua

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s