Perhatian, Ada Yang Memperhatikan

gambar dari: gzanspo.en

gambar dari: gzanspo.en

Menjadi sosok berilmu adalah menjadi sosok yang seharusnya amanah. Seorang ahli ilmu harus menjaga sikapnya baik saat ia mempelajari ilmu tersebut, mengamalkan, dan mendakwahkan ilmu yang ia miliki. Jangan sampai, seorang penuntut ilmu lantas ia menjadi da’i maka berubah pula kehidupannya. Benar, semakin tinggi pohon akan semakin kencang tiupan angin.

Perhatikan akhlak dan adab baik saat Anda mengajarkan ilmu, saat Anda berada diatas kursi kemuliaan untuk menyuarakan banyak pesan, dan yang paling penting adalah perhatikan dirimu saat dalam pergaulan.

Imam Adz Dzahabi rahimahullah berkata, Bahwasanya majelis Imam Ahmad bin Hanbal dihadiri oleh 5000 orang, lima ratus diantaranya mencatat, sedangkan yang lainnya mengambil manfaat dari perilaku, akhlak, dan adab beliau…”  (Tadzkiratus Sami’ wal Mutakallim).

Maka saat seorang menyampaikan ilmu diantara orang lain ada yang hadir justru bukan hanya ingin mengambil ilmu yang dimiliki, akan tetapi bisa saja mereka yang hadir melihat bagaimana seorang da’i saat terluput atasnya beberapa faidah, saat seorang da’i tersebut membersihkan wajahnya, atau ekspresi da’i tersebut saat mengatakan sesuatu hal yang saling berbeda antara satu ekspresi dengan ekspresi lainnya. Sebab seseorang, apapun ia jabatannya dan kedudukannya, ketahuilah ada banyak orang yang melihat diri kita disaat kita tidak sadar dan disaat kita tidak tahu bahwa ada orang lain yang memperhatikan kita.

Wallahu ‘Alam bi Shawwab

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s